Aktualisasi Pelayanan Karunia di Era Digital

Authors

  • Harls Evan R. Siahaan Sekolah Tinggi Teologi Intheos Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33991/epigraphe.v1i1.7

Abstract

Abstract: The Ministry of a Gift is a Christian ministry both inward and outward of the chuirch. It is a reflection of the gift God’s given in related to Church ministry according to her need and the world’s context where the church existed. This article purposed to show the reflection that the world which in digital era is requiring an actual form of ministry that the church must be responded and prepared it. This article employed a method of literature descriptive and analysis of world’s context. The analysis result is that the church must establish and develop a gift of writing to God’s people in order to develop their ministry.

 

Abstrak: Pelayanan Karunia adalah sebuah bentuk pelayanan Kristiani, baik dalam konteks gereja maupun di luar gereja. Pelayanan karunia merupakan refleksi dari pengembangan karunia yang Tuhan sediakan berkaitan dengan pelayanan sesuai dengan kebutuhan gereja dan konteks dunia di mana gereja berada. Artikel ini bertujuan untuk menunjukkan secara reflektif, bahwa dunia yang sudah memasuki era digital ini membutuhkan sebuah bentuk pelayanan aktual yang harus ditanggapi dan dipersiapkan oleh gereja. Metode dalam penelitian literatur ini adalah deskriptif dan analisis. Temuan dalam kajian analisis reflektif ini diperoleh, bahwa gereja harus mengembangkan karunia menulis bagi umat Tuhan agar dapat mengembangkan pelayanannya.

References

Abineno , J. Ch. Penatua Jabatannya dan Pekerjaannya, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1997

C, Frederick K. Saran-saran Praktis untuk Pelayanan yang Berhasil, Jakarta: Yayasan Pekabaran Injil, 1993

Enns, Paul. The Moody Handbook of Theology, Chicago, Ill.: Moody Press, 1996

F, Walter Bauer. Gingrich, Wilbur. and Danker, Frederick W. A Greek-English Lexicon of the New Testament and Other Early Christian Literature, Chicago: University of Chicago Press, 1979

Guthrie, Donald. Teologi Perjanjian Baru, 3 Jilid, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1997

Meidasari, Andi Faisal Bakti dan Venny Eka. “Trendsetter Komunikasi Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang Pendidikan Komunikasi Dan Penyiaran Islam.†Jurnal Komunikasi Islam 4, no. 1 (June 1, 2014). Accessed August 31, 2017. http://jki.uinsby.ac.id/index.php/jki/article/view/35/29.

Putra,Eka Darma. Jurnal Pelita Zaman, Bandung:1988

Sulu,Phill. M. Gembala dimata Jemaat, Malang:Gandum Mas, 2014

Sumarauw, Johny, Made Astika, and Made Astika. “Analisis Pendayagunaan Karunia-Karunia Roh Terhadap Pertumbuhan Jemaat Gereja Pantekosta Di Indonesia El-Shaddai Makassar.†Jurnal Jaffray 13, no. 1 (March 18, 2015): 55. Accessed August 31, 2017. http://ojs.sttjaffray.ac.id/index.php/JJV71/article/view/113.

Tumanan, Yohanis Luni, and Yohanis Luni Tumanan. “Ibadah Kontemporer: Sebuah Analisis Reflektif Terhadap Lahirnya Budaya Populer Dalam Gereja Masa Kini.†Jurnal Jaffray 13, no. 1 (March 16, 2015): 35. Accessed August 31, 2017. http://ojs.sttjaffray.ac.id/index.php/JJV71/article/view/110.

v.d.,Brink H. Tafsiran Alkitab Kisah Para Rasul, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2008

Wagner, Peter. Manfaat Karunia Roh, Malang: Gandum Mas, 2000

Wuryantai, AG. Eka Wenats. “Digitalisasi Masyarakat: Menilik Kekuatan Dan Kelemahan Dinamika Era Informasi Digital Dan Masyarakat Informasi.†Jurnal ILMU KOMUNIKASI 1, no. 2 (November 27, 2013). Accessed August 31, 2017. http://ojs.uajy.ac.id/index.php/jik/article/view/163.

Downloads

Published

2018-01-29

How to Cite

Siahaan, H. E. R. (2018). Aktualisasi Pelayanan Karunia di Era Digital. EPIGRAPHE: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani, 1(1), 23–38. https://doi.org/10.33991/epigraphe.v1i1.7