Peran Orang tua dalam Pembentukan Iman Anak berdasarkan 2 Timotius 3:14-17

Authors

  • Welmina Takanyuai Pascasarjana Sekolah Tinggi Alkitab Jember, Jawa Timur
  • Nelly Nelly Sekolah Tinggi Alkitab Jember, Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33991/epigraphe.v4i2.192

Keywords:

children education, parent’s role, Sunday school, GPdI Aromera, Pendidikan anak, peran orang tua, Sekolah Minggu

Abstract

The role of parents in fostering children's faith is very important because children are the next generation of families, churches, and nations. However, in nurturing children to grow in faith, it is not easy, because in this phase they experience many challenges so that children need to be directed in a positive direction so that they are in accordance with God's will. This study uses a qualitative approach with a descriptive analysis method. Data collection techniques were carried out through literature and interviews. The conclusion obtained based on the study of text 2 Timothy 3: 14-17 is, the role of parents is to be ready to face the challenges of future education, focus on educational goals, become role models, and teach and hold on to the truth, remembering the teachings of true leaders.

Abstrak

Peranan orang tua dalam pembinaan iman anak sangatlah penting karena anak-anak adalah generasi penerus keluarga, gereja dan bangsa. Akan tetapi dalam membina anak bertumbuh dalam iman tidaklah mudah, karena pada fase ini mereka mengalami banyak tantangan sehingga anak  perlu diarahkan kearah yang positif agar sesuai dengan kehendak Tuhan. Penelitian ini meng-gunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pe-ngumpulan data dilakukan melalui literatur dan wawancara. Kesimpulan yang diperoleh berdasarkan kajian teks 2 Timotius 3:14-17 adalah, peran orang tua adalah siap menghadapi tantangan pendidikan masa depan, fokus pada tujuan pendidikan, menjadi teladan serta mengajar dan berpegang pada kebenaran, mengingat ajaran pemimpin yang benar.

References

Awulle, Clartje Silvia E. “Penyelenggaraan Pendidikan Kristen Sebagai Pemenuhan Hak Asasi Manusia.†SIKIP Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2020): 25–37.

Benyamin, Prislika issak, Yogi Mahendra, and Donald Samuel Slamet Santosa. “Metode Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen: Studi Meta Analisis.†SOTIRIA (Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani) 3, no. 1 (2020): 25–35. http://sttpaulusmedan.ac.id/e-

Hartono, Handreas. “Membentuk Karakter Kristen Pada Anak Keluarga Kristen.†KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 2, no. 1 (2014): 62–69. www.sttpb.ac.id/e-journal/index.php/kurios.

Hasugian, Johanes Waldes. “Kurikulum Dan Pembelajaran Warga Jemaat Dewasa Di Gereja.†KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 5, no. 1 (2019): 36–53.

Hasugian, Johanes Waldes. Menjadi Guru PAK Profesional Melalui Supervisi Pendidikan Agama Kristen. 2nd ed. Medan: CV. Mitra, 2016.

Manno, Daud, Kompetensi Integratif Tuhan Yesus Sebagai Guru, Jember, Yayasan Kasih Imanuel, 2019

Mukese, John Dami, Menjadi Manusia Kaya Makna, Jakarta: Obor, 2006

Nazir, Moh, Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1998

Pasuhuk, Novie D S. “Pendidikan Keluarga Yang Efektif.†KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 2, no. 1 (2014): 70–81. www.sttpb.ac.id/e-journal/index.php/kurios.

Rauli Simamora, May, Johanes Waldes Hasugian, and Agama Kristen Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara. “Penanaman Nilai-Nilai Kristiani Bagi Ketahanan Keluarga Di Era Disrupsi.†Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 1 (2020): 13–24. www.ruangguru.com.

Samarenna, Desti, and Harls Evan R Siahaan. “Memahami Dan Menerapkan Prinsip Kepemimpinan Orang Muda Menurut 1 Timotius 4:12 Bagi Mahasiswa Teologi.†BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 2, no. 1 (2019): 1–13. http://www.jurnalbia.com/index.php/bia.

Samuel, Donald, Slamet Santosa, Donna Sampaleng, and Abdon Amtiran. “Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran.†SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2020): 11–24.

Shelton, Charles M, Spiritualitas Kaum Muda: Bagaimana Mengenal dan Mengembangkannya, Yogyakarta: Kanisius, 1987

Silitonga, Agus Dasa, “Peran Serta Pemuda dalam Kehidupan Berjemaatâ€, Buletin Narhasem Edisi April, 2008

Tjandra, Daniel S. “Impelementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Abad 21.†SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2020): 1–10. http://sttikat.ac.id/e-journal/index.php/sikip.

Wening, Sri. “Pengaruh Pola Asuh Autoritatif Terhadap Religiositas Remaja.†KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 4, no. 1 (2018): 74–91. http://www.sttpb.ac.id/e-journal/index.php/kurios%0A.

Zeni, Justice, and Zari Panggabean. “Pendekatan Praksis-Teologis Dalam Fondasi Pendidikan Kristiani.†KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 4, no. 2 (2018): 167–181. http://www.sttpb.ac.id/e-journal/index.php/kurios/article/view/81

Downloads

Published

2020-11-18

How to Cite

Takanyuai, W., & Nelly, N. (2020). Peran Orang tua dalam Pembentukan Iman Anak berdasarkan 2 Timotius 3:14-17. EPIGRAPHE: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani, 4(2), 264–272. https://doi.org/10.33991/epigraphe.v4i2.192

Issue

Section

Articles