Aplikasi Ibrani 12:5-13 sebagai Model Pendidikan Karakter Disiplin Anak Generasi Z dalam Keluarga Kristen di Era New Normal Pandemi Covid-19

Authors

  • Kezia Yemima STT Gamaliel

DOI:

https://doi.org/10.33991/epigraphe.v5i1.203

Keywords:

children 7-14, Christian family, Covid-19 pandemic, character educational model, new normal, Z generation, anak 7-14 tahun, generasi Z, keluarga Kristen, model pendidikan karakter, pandemi Covid-19

Abstract

Covid-19 has an impact on the lives of generation Z children 7-14 years old. Besides the health issue, the discipline character of generation Z children 7-14 years old also became the problem in the New Normal Pandemic Covid-19 Era. This problem can be solved by applying discipline character training for children in a Christian family. This research aims to create a discipline character training model in a Christian family for generation Z children 7-14 years old in the era of New Normal Pandemic Covid-19 Era. This research is applied research that uses a qualitative approach, using descriptive and interpretive analysis methods. By using this method, the principle education context in Hebrew 12:5-13 dan context of generation Z children can be obtained. The principle and context will be synthesized to produce the new model of education characteristics. This research produces a discipline character education model in Christian families for children of generation Z, aged 7-14 years at New Normal Pandemic Covid-19 Era.

Abstrak

Covid-19 berdampak pada kehidupan anak-anak generasi Z usia 7-14 tahun. Selain isu kesehatan, disiplin anak generasi Z usia 7-14 tahun dalam melaku-kan kegiatan sehari-hari juga menjadi permasalahan di era New Normal Pan-demi Covid-19 ini. Permasalahan ini dapat diatasi dengan menerapkan pen-didikan karakter disiplin bagi anak dalam keluarga Kristen. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model pendidikan karakter disiplin dalam keluarga Kristen bagi anak-anak generasi Z di era New Normal Pandemi Covid-19. Penelitian ini adalah penelitian terapan yang menggunakan pen-dekatan kualitatif, dengan menggunakan metode analisis deskriptif dan interpretatif. Dengan metode ini, prinsip pendidikan kitab Ibrani 12:5-13 dan konteks anak generasi Z dapat diperoleh. Prinsip dan konteks tersebut akan disintesiskan untuk menghasilkan model pendidikan karakter yang baru. Penelitian ini menghasilkan model pendidikan karakter disiplin dalam keluar-ga Kristen era new normal Pandemi Covid-19

References

Adityara, Sarah, and Rizki Taufik Rakhman. “Karakteristik Generasi Z Dalam Perkembangan Diri Anak Melalui Visual.†In Seminar Nasional Seni Dan Desain : “Reinvensi Budaya Visual Nusantara,†401–406. Surabaya: Jurusan Seni rupa dan Jurusan Desain Universitas Negeri Surabaya, 2019.

Barclay, William. Pemahaman Alkitab Setiap Hari: Ibrani. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1991.

Ben-Shahar, T Happier. Learn The Secrets Ti Daily Joy and Lasting Fulfillment. USA: McGraw-Hill Companies, 2007.

Carson, D.A, and Donald Guthrie. Tafsiran Alkitab Abad Ke-21. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih/OMF, 2017.

Chasombat, P. “Social Networking Sites Impacts On Interpersonal Communication Skills And Relationships.†School of International College National Institute of Development Administration, 2014.

Emiyati, Ayang. “Mendisiplin Anak Menurut Prinsip Kristen.†Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 2, no. 2 (2018): 147.

Faizah, Ulifa Rahma, and Yuliezar Perwira Dara. Psikologi Pendidikan: Aplikasi Teori Di Indonesia. Malang: Universitas Brawijaya Press, 2017.

Fitriyani, Pipit. “Pendidikan Karakter Bagi Generasi Z.†In Prosiding Konferensi Nasional Ke- 7 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (APPPTMA) 307, 307–314. sosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah, 2018.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. “Peta Sebaran.†Covid19.Go.Id. Last modified 2020. Accessed July 21, 2020. https://covid19.go.id/peta-sebaran.

Hamzah, Amir. Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Batu: Literasi Nusantara, 2020.

Haryono, Timotius, and Yuliati. Pemuridan Kontekstual. Surakarta: Yayasan Gamaliel, 2018. http://stt-gamaliel.ac.id/index.php/buku-referensi/.

Hatmoko, Tomas Lastari. “Jalan Hidup Pelayan Pastoral.†SAPA : Jurnal Kateketik dan Pastoral 5, no. 1 (2020): 3–11.

Henry, Matthew. Tafsiran Matthew Henry: Surat Ibrani, Yakobus, 1&2 Petrus, 1-3 Yohanes, Yudas, Kitab Wahyu. Surabaya: Penerbit Momentum, 2016.

Lumintang, Stevri Indra, and Danik Astuti Lumintang. Theologia Penelitian Dan Penelitian Theologis. Geneva Insani Indonesia, 2016.

Pujilestari, Yulita. “Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19.†Adalah: Buletin Hukum dan Keadilan, 2020.

Purnomo, Agus, Nurul Ratnawati, and Nevy Farista Aristin. “PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA GENERASI Z.†Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS 1, no. 1 (2016): 70–77.

Purwanto, Agus, Rudy Pramono, Masduki Asbari, Priyono Budi Santoso, Laksmi Mayesti Wijayanti, Chi Hyun Choi, and Ratna Setyowati Putri. “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar.†EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling 2, no. 1 (2020): 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397.

Putri, Gloria Setyvani. “Kematian Anak Indonesia Karena Corona Tertinggi Di ASEAN, Ini Sebabnya.†Kompas.Com. Last modified 2020. Accessed July 21, 2020. https://www.kompas.com/sains/read/2020/06/04/170300423/kematian-anak-indonesia-karena-corona-tertinggi-di-asean-ini-sebabnya?page=all.

Rothman, Darla. “A Tsunami Of Learners Called Gen Z.†MLDE 1, no. 1 (2014).

Slameto. Generation Z and The Implication for Counseling. Salatiga: Universitas Satya Wacana Press, 2015.

Soesilo, Yushak. “Penggunaan Rotan Dalam Pendisiplinan Anak Menurut Kitab Amsal 23:13-14.†DUNAMIS: Jurnal Penelitian Teologi dan Pendidikan Kristiani 1, no. 1 (2016): 1.

Thomas, Yelana, and R Srinivasan. “Emerging Shifts in Learning Paradigms-From Millenials to the Digital Natives.†International Journal of Applied Engineering Research 11, no. 5 (2016).

Wiersbe, Warren W. Yakin Di Dalam Kristus. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 1982.

Yemima, Kezia, and Sarah Stefani. “KHOTBAH EKSPOSISI NARASI YANG KREATIF DAN KONTEKSTUAL BAGI ANAK - ANAK GENERASI Z.†Gamaliel : Teologi Praktika 1, no. 2 (2019): 72–85.

Youarti, Inta Elok, and Nur Hidayah. “Perilaku Phubbing Sebagai Karakter Remaja Generasi Z.†Jurnal Fokus Konseling 4, no. 1 (2018): 143–152.

Zalfa, Khulaimata. “Peran Parenting Pada Perkembangan Perilaku Anak-Anak Generasi Z.†Jurnal Pancar 3, no. 2 (2019): 295–301.

Downloads

Published

2021-05-29

How to Cite

Yemima, K. (2021). Aplikasi Ibrani 12:5-13 sebagai Model Pendidikan Karakter Disiplin Anak Generasi Z dalam Keluarga Kristen di Era New Normal Pandemi Covid-19. EPIGRAPHE: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani, 5(1), 15–26. https://doi.org/10.33991/epigraphe.v5i1.203

Issue

Section

Articles