Model Pendidikan Kristiani bagi Kaum Lanjut Usia di Era Pandemi Covid-19

Authors

  • Esra Nopita Purba Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33991/epigraphe.v5i2.292

Keywords:

Kaum lansia, pendidikan kristiani, pandemi COVID-19.

Abstract

Artikel ini membahas tentang pergumulan para lansia yang tidak dapat mengikuti kegiatan-kegiatan gerejawi secara langsung selama masa pandemi COVID-19. Pembatasan perjumpaan secara langsung menjadi tantangan tersendiri bagi gereja, secara khusus dalam melayani kaum lansia. Untuk mengatasi persolan tersebut, maka desain pendidikan Kristiani kepada kaum lansia harus memerhatikan kebutuhan utama kaum lansia di masa pandemi ini. Gereja harus memikirkan model pendidikan Kristiani yang tepat untuk membina kaum lansia. Gereja harus memberikan perhatian dan kepedulian yang dikemas dengan cara-cara yang kreatif dengan mempertimbangkan penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang dapat membantu kaum lansia untuk tetap bisa mengembangkan potensi dirinya. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research) untuk menggali apa yang menjadi kebutuhan kaum lansia untuk mendapatkan pendidikan Kristiani di tengah keterbatasan mereka di era pandemi COVID-19. Penulis mempertimbangkan tawaran Gentzler tentang desain pendidikan Kristiani bagi kaum lansia yang disebut dengan model pelayanan SENIORS, yaitu Spirituality, Education, Nutritition and Health, Intergenerational Opportunities, Outreach, Recreation, dan Social Activities. Tujuh bidang ini harus diperhatikan dalam melakukan pendidikan Kristiani bagi kaum lansia, sehingga mereka tidak menjadi terabaikan selama pandemi.

Author Biography

Esra Nopita Purba, Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Jakarta

Mahasiswa

References

Apriceno, Mary Beth dan Sheri R. Levy. “COVID-19 and Ageism: How Positive and Negative Responses Impact Older Adults and Society.†American Psychological Association 75, no. 7 (2020): 887-896.

Badan Pusat Statistik. Statistik Penduduk Lanjut Usia 2020. Jakarta: Badan Pusat Statistik, 2020.

Bergant, Dianne dan Robert J. Karris (eds.). Tafsir Alkitab Perjanjian Lama. Yogyakarta: Kanisius, 2002.

Bergen, Martha S. “A Christian Education for Spiritual Growth of Senior Adults.†Journal Religious Gerontology 15, no. 1 (2003): 127-141.

Dyck, Laura I. van, Kirsten M. Wilkins, Jennifer Ouellet, Gregory M. Ouellet, dan Michelle L. Conroy. “Combating Heightened Social Isolation of Nursing Home Elders: The Telephone Outreach in the COVID-19 Outbreak Program.†Journal Am J of Geriatric Psychiatry 28, no.9 (September 2020): 989-992.

Eliman dan Aris Elisa Tembay. “Pelayanan Pastoral Bagi Kaum Lansia di Tengah Pandemi Covid-19.†Jurnal Scripta Teologi dan Pelayanan 9, no. 1 (2020):1-22.

Gentzler, Richard H. An Age of Opportunity. USA: Discipleship Resources, 2018.

____________________________. Designing An Older Adult Ministry. USA: Discipleship Resources, 2018.

Hartono, Handreas. “Kurikulum PAK yang Kontekstual Bagi Usia Lanjut dan Aktual.†Jurnal KURIOS 1, no. 1 (Oktober 2013):11-21.

Indarwati, Retno. “Lindungi Lansia dari Covid-19.†Indonesian Journal of Community Health Nursing (Jurnal Keperawatan Komunitas) 5, no.1 (Februari 2020): 1.

Ismail, Andar. Ajarlah Mereka Melakukan: Kumpulan Karangan Seputar Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2019.

Kiik, Stefanus Mendes, Junaiti Sahar, dan Henny Permatasari. “Peningkatan Kualitas Hidup Lanjut Usia (Lansia) di Kota Depok dengan Latihan Keseimbangan.†Jurnal Keperawatan Indonesia 21, no. 2 (Juli 2018):109-116.

Kim, Hyun-Sook. “Beyond Doubt and Uncertainty: Religious Education for a Post-COVID-19 World.†Religious Education 116, no.1 (January 2021): 41-52.

Knowles, Malcolm S., Elwood F. Holton III, dan Richard A. Swanson. The Adult Learner: The Definitive Classic in Adult Education and Human Resource Development, Sixth Edition. USA: Elsevier, 2005.

Kollar, Nathan. “Personality Theories, Religious Education and Older Adults.†Journal Religious Education 81, no. 4 (10 July 2006): 609-624.

MacKinlay, Elizabeth dan Ann Harrington. “Changing Cultures of Aging and Spirituality.†Journal of Religion, Sprituality and Aging 33, no. 2 (09 March 2021): 97-99.

Menconi, Peter. The Intergenerational Church. USA: Mt. Sage Publishing, 2010.

Naftali, Ananda Ruth, Yulius Yusak Ranimpi, dan M. Aziz Anwar. “Kesehatan Spiritual dan Kesiapan Lansia dalam Menghadapi Kematian.†Buletin Psikologi 25, no. 2 (2017): 124-135.

Seymour, Jack L. (ed.). Memetakan Pendidikan Kristiani: Pendekatan-pendekatan Menuju Pembelajaran Jemaat. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2018.

Sidjabat, Binsen S. Mendidik Warga Gereja Melalui Seri Selamat. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2018.

Subedi, Manhusudan. “Impact of COVID-19 on the Elderly.†Journal of Patan Academy of Health Sciences 7, no. 2 (August 2020): 32-38.

Downloads

Published

2021-11-03

How to Cite

Purba, E. N. (2021). Model Pendidikan Kristiani bagi Kaum Lanjut Usia di Era Pandemi Covid-19. EPIGRAPHE: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani, 5(2), 351–365. https://doi.org/10.33991/epigraphe.v5i2.292

Issue

Section

Articles