Pendidikan Teologi sebagai Peta Jalan Pembaharuan Kehidupan: Sebuah Refleksi Teologi Transformatif:

Authors

  • Bakhoh Jatmiko Sekolah Tinggi Theologia Nazarene Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33991/epigraphe.v5i2.310

Abstract

 

This research is motivated by the disparity of developmental dimensions of theological students. It is often found that the learning process in theological education gives more portion to the content rather than the other developmental dimensions. Theological education should be a transformative experience that covers cognition development, spiritual formation, character maturation, competencies enrichment, and relational engagement with the faith communities. Therefore, this research was conducted to find a form of theological education that can convey a transformative experience for the participants. In order to achieve this, the study used a qualitative research method with a descriptive approach. Data collection techniques were carried out by literature review related to the topics discussed. This study found a theological framework of transformative theology in the Bible. This research also presented the idea of transformative theological education style, namely theological education that emphasizes on balance in concepts and practices in the learning experience. Some of the integrative learning models that can be implemented are the holistic target of changes, a variety of learning approaches, determinative learning strategies, and authentic learning evaluation.

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketimpangan dimensi perkembangan peserta didik dalam belajar teologi. Sering dijumpai proses pembelajaran dalam pendidikan teologi memberikan porsi lebih banyak pada konten daripada dimensi yang lain. Pendidikan teologi seharusnya menjadi pengalaman transformatif yang meliputi pengembangan kognisi, pembentukan kerohanian, pembangunan karakter, penajaman kompetensi, dan penguatan relasi sosial dengan komunitas iman. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari bentuk pendidikan teologi yang mampu menghadirkan pengalaman transformatif bagi peserta belajarnya. Dalam rangka mencapainya, kajian di dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kajian pustaka terkait dengan topik yang dibahas. Penelitian ini menemukan kerangka berpikir teologis tentang teologi transformatif di dalam Alkitab. Penelitian ini juga menghadirkan pemikiran corak pendidikan teologi transformatif yaitu pendidikan teologi yang menekankan keseimbangan dalam konsep dan praktik di dalam pengalaman belajar. Beberapa model pembelajaran integratif yang dapat dilakukan adalah: Sasaran perubahan yang Holistik, Ragam pendekatan Pembelajaran yang Variatif, Strategi Pembelajaran yang determinatif, dan Evaluasi Pembelajaran yang Autentik.

Downloads

Published

2021-11-03

How to Cite

Jatmiko, B. (2021). Pendidikan Teologi sebagai Peta Jalan Pembaharuan Kehidupan: Sebuah Refleksi Teologi Transformatif:. EPIGRAPHE: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani, 5(2), 295–310. https://doi.org/10.33991/epigraphe.v5i2.310

Issue

Section

Articles