Pendidikan yang Misioner-Afirmatif: Sebuah Penelusuran Konsep dan Praksis Pendidikan Lembaga Penginjilan GZB di Toraja

Authors

  • Sri Herawati P. S. Banne STFT Jakarta
  • Tomi Supriyanto STFT Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33991/epigraphe.v6i1.361

Keywords:

education, Gereformeerde Zendingsbond, missionary, Toraja, pendidikan, misioner

Abstract

This paper is an attempt to understand the insights and praxis of education applied by Gereformeerde Zendingsbond in Toraja as the entrance to the Gospel. The education that is applied is not only to get the Toraja people to become Christians but also as a pattern to instill and root the teachings of the Christian faith for the Toraja people and bring life to the Toraja people in a better direction. This paper uses a descriptive method with a historical study approach. The research invites readers to understand the pattern of Education in Toraja through the Gereformeerde Zendingsbond which is a pattern of Education that remains contextual to this day in Toraja. Education that is illuminated by God's Word, brought by Gereformeerde Zendingsbond, has brought the Toraja people to ever-better changes in various fields of life, including education, health, and social life. This affirmative-missionary education eventually became a pattern of education applied in schools belonging to the Toraja Church for the betterment of Toraja society.

Abstrak

Tulisan ini merupakan upaya untuk memahami wawasan dan praksis pendidikan yang diterapkan oleh Gereformeerde Zendingsbond di Toraja sebagai pintu masuk Pekabaran Injil. Pendidikan yang diterapkan bukan sekadar untuk memperoleh masyarakat Toraja menjadi Kristen, tapi juga sebagai pola untuk menanamkan dan mengakarkan pengajaran iman Kristen bagi masyarakat Toraja serta membawa kehidupan masyarakat Toraja ke arah yang lebih baik. Tulisan ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi historis. Penelitian mengundang pembaca untuk memahami pola Pendidikan di Toraja melalui Gere-formeerde Zendingsbond yang merupakan pola Pendidikan yang tetap konteks-tual hingga saat ini di Toraja. Pendidikan yang diterangi oleh Firman Tuhan, yang dibawa oleh Gereformeerde Zendingsbond, telah membawa masyarakat Toraja kepada perubahan yang senantiasa lebih baik dalam berbagai bidang kehidupan, antara lain: pendidikan, kesehatan, serta sosial kemasyarakatan. Pen-didikan yang misioner-afirmatif ini pada akhirnya menjadi pola Pendidikan yang diterapkan dalam sekolah-sekolah milik Gereja Toraja untuk kemajuan masya-rakat Toraja

References

Agung, Leo, T. Sutarman, Sejarah Pendidikan, Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2016.

Aritonang, Jan S., Karel Steenbrink (eds.), A History of Christianity in Indonesia, Leiden etc.: Brill, 2008.

Aritonang, Jan S., Sejarah Pendidikan Kristen di Tanah Batak, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1988.

Bigalke, Terance W., Tana Toraja: A Social History of an Indonesian People, Leiden: KITLV Press, 2005.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, Edisi ke-4, 2008.

End, Th. van den, J. Weitjens, Ragi Carita 2: Sejarah Gereja di Indonesia 1860-an – Sekarang, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2016.

End, Th. van den (terj.), Sumber-sumber Zending tentang sejarah Gereja Toraja (1901-1961), Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1994.

Gangel, Kenneth O., Warren S. Benson, Christian Education: Its History and Philosophy, Wipf and Stock Publishers, 2nd edition, 2002.

Hastings, Adrian, A World History of Christianity, Grand Rapids: William B. Eerdmands Publishing Company, 2000.

Khoe, Yao Tung, Filsafat Pendidikan Kristen: Meletakkan Fondasi dan Filosofi Pendidikan Kristen di Tengah Tantangan Filsafat Dunia, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2013.

Kobong, Th., Injil dan Tongkonan: Inkarnasi, Kontekstualisasi, Transformasi (terj.). Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2008.

Kroeskamp, H., Early Schoolmasters in a Developing Country, Assen: Van Gorcum & Comp. B.V., 1974.

Lampiran-lampiran Laporan Badan Pekerja Sinone Gereja Toraja ke SSA XXV Gereja Toraja, Oktober 2021.

Latif, Yudi, Pendidikan yang Berkebudayaan, Jakarta: Gramedia, 2020.

Alkitab, Lembaga Alkitab Indonesia, 1974.

Margana, Sri, Baha’Uddin, Ahmad Faisol, Kapita Selekta (Pendidikan) Sejarah Indonesia, Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2017.

Palebangan, Frans B., Aluk, Adat dan Adat Istiadat Toraja, Rantepao: Sulo, 2007.

Panitia Pengarah SSA XXV Gereja Toraja, Bertambah Teguh dalam Iman dan Pelayanan bagi Semua, Visi Misi Strategis, Tema SSA XXV, dan Pokok-pokok Tugas Panggilan dan Garis-garis Besar Program Pengembangan Gereja Toraja 2021-2026, 2021.

Plaisier, Bas, Menjembatani Jurang, Menembus Batas: Komunikasi Injil di Wilayah Toraja, 1913-1942, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2016.

Sadker, Myra Pollack, David Miller Sadker, Teacher, Schools, and Society, Washington: American University, 2nd edition, 1991.

Sarira, J.A., Benih yang Tumbuh 6, Rantepao: Badan Pekerja Sinode Gereja Kristen Toraja Rantepao, 1975.

Sarira, J.A., Sketsa Pendidikan Kristen Gereja Toraja, Panitia Panca Dasa Warsa Pendidikan Kristen Gereja Toraja, 1967.

Tim Prima Pena, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Gita Media Press, 2008.

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Banne, S. H. P. S., & Supriyanto, T. (2022). Pendidikan yang Misioner-Afirmatif: Sebuah Penelusuran Konsep dan Praksis Pendidikan Lembaga Penginjilan GZB di Toraja. EPIGRAPHE: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani, 6(1), 101–117. https://doi.org/10.33991/epigraphe.v6i1.361

Issue

Section

Articles