Orang tua dalam Pembentukan Karakter Kristiani Anak Generasi Alfa
DOI:
https://doi.org/10.33991/epigraphe.v6i2.384Keywords:
Alpha generation, Christian family, Christian character formation, parents’ role, generasi Alpha, keluarga Kristen, peran orang tua, pembentukan karakter KristenAbstract
Generation Alpha is a generation that is very dependent on digital devices. The formation of Christian characters for the Alpha generation is not easy when compared to the formation of Christian characters for previous generations. Based on this, the role of parents in the formation of the Christian character of Alpha generation children is very important. The purpose of this research is to increase the role of parents in forming the Christian character of Alpha generation children, namely as educators, mentors, encouragement, supervisors, and friends so that parents of this generation can play an active role in the formation of their Christian character. Parents can pay more attention to their children's growth and development, especially in forming Christian characters based on the word of God. The method used in this study is a descriptive qualitative approach with a literature review. The results of this study by observing and interviewing parents who have children born in 2010 to date show that most parents are not aware of their role as educators, mentors, encouragers, supervisors, and friends, so parents are confused about carrying out their roles towards the formation of a child's Christian character.
Abstrak
Generasi Alpha adalah generasi yang sangat bergantung terhadap perangkat digital. Pembentukan karakter Kristen bagi generasi Alpha tidaklah mudah jika dibandingkan dengan pembentukan karakter Kristen generasi sebelumnya. Berdasarkan hal tersebut, peran orang tua dalam pembentukan karakter Kristen anak generasi Alpha sangatlah penting. Tujuan penelitian ini adalah supaya peran orang tua ditingkatkan dalam pembentukkan karakter Kristen anak generasi Alpha, yaitu sebagai pendidik, peembimbing, penyemangat, pengawas, dan sahabat sehingga orangtua dari generasi tersebut bisa berperan aktif dalam pembentukan karakter Kristen mereka. Orang tua dapat lebih memperhatikan mengenai tumbuh kembang anak terutama dalam hal pembentukan karakter kristen yang berdasar pada firman Tuhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan kajian literatur. Hasil dari penelitian ini dengan melakukan observasi dan wawancara kepada orangtua yang memiliki anak yang lahir pada tahun 2010 hingga saat ini adalah sebagian besar orang tua belum menyadari perannya sebagai pendidik, pembimbing, penyemangat, pengawas, dan sahabat, sehingga orang tua kebingungan dalam melakukan perannya terhadap pembentukan karakter kristen anak.
References
Agnes, Eva. “Peran Orang tua Sebagai Motivator Anak Untuk Sekolah Minggu.†Jurnal STIPAK Malang Volume 3 (2019).
Berkup, S. Basyal. “Working With Generations X and Y In Generation Z Period: Management of Different Generations In Business Life.†Mediterranean Journal of Social Sciences 5 (2014): 205–229.
Bilo, Dyulius Thomas. “Karakteristik Kasih Kristiani Menurut I Korintus 13.†Phronesis: Jurnal Teologi dan Misi 1 (2018).
Boiliu, Fredik Melkias. “Peran Orang tua Sebagai Motivator Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pendidikan Agama Kristen.†Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran Volume 4 (2021).
Christine, Canny. “Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Generasi Alfa Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial.†EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership Volume 2 (2021).
Dachi, Micha Radikal. “Pentingnya Pengawasan Orang tua Dlam Optimalisasi Kedisiplinan Remaja.†Jurnal Ginosko Volume 1 (2020).
Fadlurrohim. “Memahami Perkembangan Anak Generasi Alpha Di Era Industri 4.0.†FOCUS= Jurnal Pekerjaan Sosial Volume 2 (2019): 183–184.
Gea, Sumaeli. “Konsep Tunduk Dan Mengasihi Berdasarkan Kolose 3:18-19 Sebagai Landasan Bagi Keutuhan Rumah Tangga Kristen Di GPDI Filadelfia.†Voice of HAMI Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 2 (2019): 64.
George, Terry. Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara, 1996.
Hadi, S. Metodologi Research Jilid 3. Yogyakarta: Andi Offset, 1995.
Hartono, Handreas. “Membentuk Karakter Kristen Pada Anak Keluarga Kristen.†Jurnal KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) Volume 2 N (2014): 62–69.
Howe, N & Strauss, W. Milennials Rising: The Next Great Generation. New York: Vintage, 2000.
Hughes, R. Kent. Disciplines of a Godly Man. Wheator: Crossaway, 2001.
Kusuma, Darma dkk. Kajian Teori Dan Praktek Di Sekolah. Cetakan 3. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2012.
Lexy, Moleong. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
Lie, Anita dkk. Mendidik Generasi Milenial Cerdas Berkarakter. Yogyakarta: Kanisius, 2020.
Lithaetr, dkk. Jejak Pengasuhanku. Jakarta: Rumah Media, 2020.
Mellyan. “Generasi Alpha: Dampak Penggunaan Gawai Selama Masa Pandemi Covid-19.†Jurnal Anifa: Studi Gender dan Anak Volume 2 (2021).
Moleong, Lexy.J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revi. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2007.
Munthmainnah. “Peran Orang tua Dalam Menumbuhkan Pribadi Anak Yang Androgynius Melalui Kegiatan Bermain.†Jurnal Pendidikan Anak Volume 1 (2012).
Novianti, Ria., Hukmi., and Maria Ilga. “Generasi Alpha - Tumbuh Dengan Gadget Dalam Genggaman.†Jurnal Educhild (Pendidikan & Sosial) 8, no. 2 (2019): 65–70.
Polii, Meyva. “Peran Keluarga Terhadap Peningkatan Spiritual Remaja Pada Masa Pandemi Covid 19.†Jurnal Dunamis Volume 6 (2021).
Prasetyo, Eko. “Gadget Terhadap Perkembangan Psikologis Anak Usia Dini.†Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Negeri Semarang (2013).
Pratama, Hellen Chou. Cyber Smart Parenting. Bandung: PT.Visi Anugerah Indonesia, 2012.
Putra, Y.S. “Theoritical Review : Teori Perbedaan Generasi.†Jurnal Among Makanti 9 (2016): 123–134.
Reis, T. Agusto. “Study On The Alpha Generation and The Reflections of It’s Behavior In The Organizational Environment.†Journal of Research In Humanities and Social 6 (2017): 9–19.
Rosidatun. Metode Implementasi Pendidikan Karakter. Gresik: Caremedia Communication, 2018.
Santosa, Elizabeth T. Raising Children In Digital Era. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2015.
Siahaan, Christa. “Peran Orang tua Sebagai Pendidik Dan Pembentuk Karakter Spiritual Remaja.†Jurnal Shanan Volume 3 (2019).
Sonia, Gina dan Nurliana Cipta Apsari. “Pola Asuh Yang Berbeda-Beda Dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak.†Jurnal Universitas Padjadjaran, Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 7 (2020): 130.
Stott, John. Isu-Isu Global Edisi Revisi. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih, 2015.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT Alfabet, 2016.
Sukiyat. Strategi Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing, 2020.
Suriyadi. Strategi Pembelajaran Karakter. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2013.
Susan, S. Wiriadinata. Mengasuh Anak Mengasihi Tuhan. Jakarta: Gramedia, 2018.
Tjendanawangi Saputra. “Signifikansi Teori Horace Bushnell Bagi Pendidikan Keluarga Kristiani Di Era Revolusi Industri 4.0.†Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja Volume 6 (2022).
Whitney, Donald S. Spiritual Disciplines For The Christian Life. Colorado Springs: Navpers, 1991.
Yasir, Muhamad. “Pendidikan Karakter Pada Generasi Alpha: Tanggungjawab, Disiplin, Dan Kerja Keras.†Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat Volume 4 (2021): 310.