Pembelajaran Memorisasi Dalam Ulangan 6:6-9

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33991/epigraphe.v3i1.50

Abstract

The Bible in Deuteronomy 6: 6-9 gives orders to carry out children's education. The text of Deuteronomy 6: 6-9 is generally understood to be limited to the mandate of education in the family, but the author views if the text of Deuteronomy 6: 6-9 also shows a learning model. For this reason, the author analyzes the text of Deuteronomy 6: 6-9. The analysis of the text appears if there is a memorization learning process. The memorization learning process is carried out by delivering teaching repeatedly and accompanied by media available in the family environment. This learning theoretically helps to improve understanding because there is a process of recording, storing, and calling that is more effective and allows deepening of the meaning of information.

Abstrak

Alkitab dalam Ulangan 6:6-9 memberikan perintah untuk melaksanakan pendidikan anak. Teks Ulangan 6:6-9 umumnya dipahami sebatas sebagai mandat pendidikan dalam keluarga, tetapi penulis memandang jika teks Ulangan 6:6-9 juga menunjukkan sebuah model pembelajaran. Untuk itu penulis melakukan analisis terhadap teks Ulangan 6:6-9. Dari analisis terhadap teks tersebut tampak jika terdapat proses pembelajaran memorisasi. Proses pembelajaran memorisasi dilakukan dengan menyampaikan pengajaran secara berulang dan disertai dengan media yang tersedia di lingkungan keluarga. Pembelajaran ini secara teoritis membantu untuk meningkatkan pemahaman sebab terjadi proses perekaman, penyimpanan, dan pemanggilan yang lebih efektif dan memungkinkan terjadinya pendalaman terhadap makna pada suatu informasi.

References

Alkitab. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia, 2011.

Anderson, Lorin W., dan David R. Krathwohl. Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran dan asesmen: revisi taksonomi pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Arianto, Arianto. “Model Pembelajaran Terpadu Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dan Berbicara.†Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian 13, no. 1 (30 Mei 2018): 48–62. https://doi.org/10.31332/ai.v13i1.879.

Calvin, John. “Deuteronomy 6 Commentary - John Calvin’s Commentaries on the Bible.†StudyLight.org. Diakses 10 Mei 2019. //www.studylight.org/commentaries/cal/deuteronomy-6.html.

Darmawan, I. Putu Ayub, dan Edy Sujoko. “Revisi Taksonomi Pembelajaran Benyamin S. Bloom.†Satya Widya 29, no. 1 (5 Juni 2013): 30–39. https://doi.org/10.24246/j.sw.2013.v29.i1.p30-39.

Henry, Matthew. “Deuteronomy 6 Commentary - Matthew Henry’s Complete Commentary on the Bible.†StudyLight.org. Diakses 11 Mei 2019. //www.studylight.org/commentaries/mhm/deuteronomy-6.html.

Heryanto, Heryanto. “Signifikansi Nilai Budaya Kristen Dalam Kepemimpinan Guru di Lingkungan Sekolah Kristen.†GENERASI KAMPUS 11, no. 1 (12 November 2018). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/view/11300.

Ibrahim, Teguh, Dharma Kesuma, Babang Robandi, dan Arie Rakhmat Riyadi. “Profil Karakter Guru Pembelajar: Sebuah Kerangka Konseptual.†NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 2, no. 1 (26 Oktober 2017): 8–22.

Krathwohl, David R. “A Revision of Bloom’s Taxonomy: An Overview.†Theory Into Practice 41, no. 4 (November 2002): 212–18. https://doi.org/10.1207/s15430421tip4104_2.

Nurseto, Tejo. “Membuat Media Pembelajaran yang Menarik.†Jurnal Ekonomi dan Pendidikan 8, no. 1 (2011): 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706.

Pfeiffer, Charles F., dan Everett F. Harrison. Tafsiran Alkitab Wycliffe Vol. 1. Malang: Gandum Mas, 1962.

Pontoh, Widya P. “Peranan Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Meningkatkan Pengetahuan Anak.†JURNAL ACTA DIURNA 2, no. 1 (2013): 1–11.

Rantesalu, Syani Bombongan. “Kompetensi Pedagogik Menurut Analisis Ulangan 6:7-9 dengan Pendekatan Hermeneutik Schleiermacher.†BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 1, no. 2 (30 Desember 2018): 153–63. https://doi.org/10.34307/b.v1i2.14.

Siswanto, Arif. “Analisis Visual Identitas Kota Malang Melalui Foto-Foto Pada Festival Malang Tempoe Doeloe 2014: Satoes Akoe 100 Lakoe.†Commonline Departemen Komunikasi 4, no. 1 (2014): 26–37.

Spurgeon, C. “Deuteronomy 6 Commentary - Spurgeon’s Verse Expositions of the Bible.†StudyLight.org. Diakses 11 Mei 2019. //www.studylight.org/commentaries/spe/deuteronomy-6.html.

Tety, Tety, dan Soeparwata Wiraatmadja. “Prinsip-Prinsip Filsafat Pendidikan Kristen.†Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 1, no. 1 (12 Januari 2017): 55–60.

Wenas, Maria Lidya, dan I. Putu Ayub Darmawan. “Signifikansi Pendidikan Anak Dalam Perspektif Alkitab.†Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 1, no. 2 (2017): 118–28.

Windariyah, Devi Suci. “Kebertahanan Metode Hafalan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.†TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam 1, no. 2 (30 Juli 2018): 89–104.

Downloads

Published

2019-06-17

How to Cite

Darmawan, I. P. A. (2019). Pembelajaran Memorisasi Dalam Ulangan 6:6-9. EPIGRAPHE: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani, 3(1), 21–27. https://doi.org/10.33991/epigraphe.v3i1.50