Peran Media Sosial Dalam Penyampaian Kabar Baik Menurut Lukas 4 :18-19
DOI:
https://doi.org/10.33991/miktab.v2i2.436Keywords:
Injil Lukas, kabar baik, media sosialAbstract
Pemberitaan kabar baik merupakan upaya untuk menghadirkan Kerajaan Allah di tengah dunia, bahkan yang berkembang di era teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu upaya untuk merealisasikannya adalah melalui media sosial. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penyampaian kabar baik menurut Lukas 4:18-19, untuk menjelaskan yang dimaksud media sosial, dan untuk menjelaskan peran media sosial dalam penyampaian kabar baik menurut Lukas 4:18-19. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi pustaka. Peneliti melakukan kajian dari berbagaisumberliteraturberupajurnalteologimaupunbuku-bukuyangsesuai dengantema,sehinggamenghasilkanbeberapapenjelasan yangdibahassecara sistematis. Hasil penelitian menunjukkan diperlukannya kemampuan dalam mengakses dan memproses transmisi data dan informasi dalam berbagai macam platform media, sehingga penggunaan teknologi informasi bukan hanya sekadar dimanfaatkan untuk mengikuti tren zaman, tetapi media dapat berperan dalam melaksanakan misi Allah dalam menyampaikan kabar baik.
References
Afandi, Yahya. “Gereja Dan Pengaruh Teknologi Informasi ‘Digital Ecclesiology.’†FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 1, no. 2 (Desember 29, 2018): 270–283. http://www.stt-tawangmangu.ac.id/e-journal/index.php/fidei/article/view/12.
Anwar, Fahmi. “Perubahan dan Permasalahan Media Sosial.†Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni 1, no. 1 (2017): 137–144.
Epan, Yovianus, dan Paulus Purwoto. “Metode Pemberitaan Kabar Baik Tuhan Yesus Dalam Matius 4:23-25 Dan Aplikasinya Bagi Pemberitaan Kabar Baik Di Era Revolusi Industri 4.0.†Miktab: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 1, no. 1 (2021): 1–27. https://stttorsina.ac.id/jurnal/index.php/miktab/article/view/278.
Karman. “Media Sosial: Antara Kebebasan Dan Eksploitasi Social Media : Between Freedom and Exploitation.†Jurnal Studi Komunikasi dan Media 18, no. 1 (2014): 75–88.
Laugu, Nurdin. “Eksistensi Media Sosial , Youtube , Instagram dan Whatsapp Ditengah Pandemi Covid-19 Dikalangan Masyarakat Virtual Indonesia 1 Hendra A . PENDAHULUAN Perkembangan teknologi media yang sangat pesat serta dengan kemajuan teknologi-teknologi yang semakin har†4, no. 1 (2020): 41–57.
Media, Pengaruh, Sosial Bagi, Kristiani Dalam, Keluarga Katolik, Vitalis Bintangkusuma, dan Sani Manuk. “Sekolah tinggi keguruan dan ilmu pendidikan widya yuwana madiun 2020†(2020): 1–9.
Nasution, Awal Kurnia Putra. “Integrasi Media Sosial Dalam Pembelajaran Generasi Z.†Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan 13, no. 1 (2020): 80–86.
Oliver, J. “Penggunaan Media Sosial a.†Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2016): 1689–1699.
Pasasa, Adrianus. “Pemanfaatan Media Internet.†Jurnal Simpson II (2015): 71–98.
Tomatala, Yakob. Teologi Misi, Pengantar Misiologi: Suatu Dogmatika Alkitabiah Tentang Misi, Penginjilan, dan Pertumbuhan Gereja. Jakarta: YT Leadership Fondation, 2003.
Watie, Errika Dwi Setya. “Komunikasi dan media sosial (communications and social media).†Jurnal The Messenger 3, no. 2 (2016): 69–74.