Peran Orang Tua dalam Memotivasi Remaja Untuk Aktif Beribadah
DOI:
https://doi.org/10.33991/miktab.v3i2.454Keywords:
Orang Tua, Remaja, Beribadah, GMII Smirna OtanAbstract
Orang tua Kristen bukan hanya mendidik anak remajanya dalam hal nilai-nilai moral dan karakter, namun juga harus membina anak remajanya secara spiritual, yaitu dengan pembinaan yang mampu menyadarkan anak remajanya untuk semakin aktif beribadah ke gereja. Tanpa pembinaan yang benar dari orang tua, maka anak remaja akan bertumbuh sebagai pribadi yang tidak terlalu mementingkan hal spiritual, termasul ketaatan dalam beribadah. Tujuan penelitian ini adalah untuk membahas mengenai peran orang tua dalam memotivasi remaja untuk aktif beribadah di GMII Smirna Otan, di Kecamatan Semau, Kabupaten Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan mewawancarai 10 orang tua. Data yang terkumpul dianalisis secara reduktif dengan pemaparan hasil bahwa: Orang tua Kristen di GMII Smirna Otan, di Kecamatan Semau, Kabupaten Kupang telah menjalankan perannya sebagai pendidik, pelindung, motivator, pelayan, dan tempat curahan hati yang senantiasa memberikan pembimbingan dan pembinaan bagi anak-anak remajanya untuk menghidupi nilai-nilai Kristiani secara utuh dan menyeluruh, termasuk menjadi pribadi yang sungguh-sungguh taat mengikuti aktifitas ibadah di gereja. Meskipun terdapat tantangan dari luar keluarga yang seringkali berusaha mempengaruhi anak remaja untuk tidak bergereja, namun orang tua juga berperan dalam mengantisipasinya dengan senantiasa memberikan arahan dan pembimbingan rohani dari rumah secara rutin.References
Abdussamad, Zuchri. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press, 2021.
Adlini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, and Sauda Julia Merliyana. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.†Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (2022): 974–980.
Angkouw, Semuel Ruddy, and Simon. “Peranan Orang Tua Dalam Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pertumbuhan Rohani Anak.†SHAMAYIM: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 1, no. 1 (2020): 29–44.
Ardiawan, I Ketut Ngurah, and I Gede Teguh Heriawan. “Pentingnya Komunikasi Guru Dan Orang Tua Peserta Strategi PMP Dalam Mendukung Pembelajaran Daring.†Danapati: Jurnal Ilmu Komunikasi 1, no. 1 (2020): 95–105.
Duha, Riswan Tati, Otoriteit Dachi, and Suryani Waruwu. “Pendampingan Psikososial Terhadap Anak Yang Kehilangan Orang Tua.†SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan 15, no. 2 (2022): 78–88.
Firmansyah, Ata. “Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Peningkatan Akhlak Anak.†Journal of Islamic Education 2, no. 1 (2020): 139–150.
Gaol, Rumondang Lumban, and Resmi Hutasoit. “Media Sosial Sebagai Ruang Sakral: Gereja Yang Bertransformasi Bagi Perkembangan Spiritualitas Generasi Z Dalam Era Digital.†KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi 7, no. 1 (2021): 146–172.
Hutabarat, Christiani, and Bobby Kurnia Putrawan. “Pengantar Pola Asuh Orang Tua Dalam Keluarga Kristen.†PNEUMATIKOS: Jurnal Teologi Kependetaan 11, no. 2 (2021): 84–94.
Ilat, Irene Presilia, Mariana Lausan, and Darmianus Harefa. “Pembentukan Karakter Pemuda Gereja Melalui PAK Di Jemaat Germita Baitani Pulutan Kabupaten Talaud.†Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 8, no. 4 (2022): 304–310.
Mardiani, Desika Putri. “Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Motivasi Dan Kedisiplinan Belajar Anak Sebagai Dampak Wabah Covid-19.†Jurnal Paradigma 11, no. 1 (2021): 109–144.
Mau, Marthen, Saenom, and Ferdiana Fransiska. “Peranan Membaca Alkitab Terhadap Kecerdasan Spiritual Anak Kristen.†CARAKA: Jurnal Teologi Biblika Dan Praktika 2, no. 1 (2021): 91–107.
Nahrodi, Paiman, Hasbullah, Maulana Hasanuddin, and Hanafi. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Membangun Kepercayaan Diri Anak.†Jurnal Tazkiyah 23, no. 2 (2022): 35–49.
Ndolu, Nelci Nafalia, Anika Tusi, and Catur Prio Purnomo. “Studi Penerapan Nilai Kasih Storge Orangtua Terhadap Anak Di GMIT Jemaat Syalom Oinlasi.†PEADA’: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2020): 72–84.
Parinduri, Muhammad Abrar, Endang Haryati, and Marizha Nurcahyani. “Model Pengasuhan Alternatif Pada Dual Career Family: Studi Pada Keluarga Suku Batak Toba.†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 5 (2022): 4431–4440.
Purba, Asmat. “Tanggung Jawab Orang Tua Kristen Dalam Mendidikan Anak Menyikapi Pandemi Covid-19.†EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 4, no. 1 (2020): 86–97.
Rahmat, Stephanus Turibius. “Peran Keluarga Sebagai Basis Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyongsong Era Bonus Demografi.†Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 1 (2019): 1–20.
Sabarua, Jefrey Oxianus, and Imelia Mornene. “Komunikasi Keluarga Dalam Membentuk Karakter Anak.†International Journal of Elementary Education 4, no. 1 (2020): 83–89.
Sihombing, Riana Udurman, and Rahel Rati Sarungallo. “Peranan Orang Tua Dalam Mendewasakan Iman Keluarga Kristen.†Jurnal Teologi & Pelayanan Kerusso 4, no. 1 (2019): 34–41.
Stevanus, Kalis. “Karya Kristus Sebagai Dasar Penginjilan Di Dunia Non-Kristen.†Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 3, no. 1 (2020): 1–19.
Suarmini, Ni Wayan, Ni Gusti Made Rai, and Marsudi. “Karakter Anak Dalam Keluarga Sebagai Ketahanan Sosial Budaya Bangsa.†JSH: Jurnal Sosial Humaniora 9, no. 1 (2016): 78–95.
Syalis, Elprida Riyanny, and Nunung Nurwati. “Analisis Dampak Pernikahan Dini Terhadap Psikologis Remaja.†Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial 3, no. 1 (2020): 29–38.