Penguasaan Diri Generasi Z dalam Penggunaan Ponsel Pintar Berdasarkan 1 Korintus 9:26-27

Authors

  • Yusuf Matondang Sekolah Tinggi Teologi Torsina
  • Joseph Christ Santo Sekolah Tinggi Teologi Torsina

DOI:

https://doi.org/10.33991/miktab.v3i1.475

Keywords:

generation Z, smart phones, self-mastery

Abstract

Generation Z was born in an era of highly sophisticated technological advancement. The presence of smart phones is a life support for generation Z and makes everything more efficient and effective. Behind the positive impact obtained from the use of smart phones, there are also negative impacts, one of which is that smartphone users cannot control themselves. This study aims to build a concept of self-mastery based on 1 Corinthians 9:26-27 and apply this self-mastery to generation Z in the use of smart phones. The method used is a qualitative method by analyzing biblically about self-mastery. Sources of information and data are collected through a library study approach. The result of this study is that, first, generation Z should use smart phones appropriately. Second, generation Z has life goals that have not shifted because of smartphones. Third, generation Z has a firm stance and is not easily carried away.

 

Generasi Z lahir di era kemajuan teknologi yang sangat canggih. Hadirnya ponsel pintar menjadi penunjang kehidupan bagi generasi Z dan membuat segala sesuatu menjadi lebih efisien dan efektif. Di balik dampak positif yang didapatkan dari penggunaan ponsel pintar, terdapat juga dampak negatif yang salah satunya ialah para pengguna ponsel pintar tidak dapat mengendalikan diri. Penelitian ini bertujuan untuk membangun konsep penguasaan diri berdasarkan 1 Korintus 9:26-27 dan menerapkan penguasaan diri tersebut bagi generasi Z dalam penggunaan ponsel pintar. Metode yang di gunakan ialah metode kualitatif dengan menganalisis biblikal mengenai penguasaan diri. Sumber informasi dan data dikumpulkan melalui pendekatan studi perpustakaan. Hasil penelitian ini adalah, pertama, generasi Z sepatutnya menggunakan ponsel pintar secara tepat guna. Kedua, generasi Z memiliki tujuan hidup yang tidak bergeser oleh karena ponsel pintar. Ketiga, generasi Z memiliki pendirian teguh dan tidak mudah terbawa arus.

References

Anton, Yudhana, Riadi Imam, dan Anshori Ikhwan. “Analisis Bukti Digital Facebook Messenger Menggunakan Metode Nist.†iT Journal Research and Development 3, no. 1 (2018).

Dilla, Minggus. “Pentingnya Disiplin Rohani Berdasarkan Surat 1 Korintus 9:24-27†1, no. 1 (2014).

Dr. Yuli Kristyowati, M.Th. “GENERASI ‘Z’ DAN STRATEGI MELAYANINYA.†Ambassadors 2, no. 1 (2021).

Engelbert, Michael. “Eksposisi Kisah Kehidupan Daniel dan Implikasinya bagi Kehidupan Generasi Z.†Sekolah Tinggi Teolgi SAAT Malang, 2021.

Inta Elok, Nur Hidayah. “Perilaku Phubbing Sebagai Karakter Remaja Generasi Z.†Fokus Konseling 4, no. 1 (2018).

Irnawaty, Andi Agustang. “Smartphone Addiction Pada Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar.†Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM 6, no. 2 (2019).

Jamun, Yohanes Maryono. “Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan.†Pendidikan dan Kebudayaan 10, no. 1 (2018).

Khasanah, Fata Nidaul. “Pemanfaatan Media Sosial dan Ecommerce sebagai Media PemasarandalamMendukung Peluang Usaha Mandiri pada Masa Pandemi Covid 19.†Jurnal Sains Teknologi dalam Pemberdayaan Masyarakat 1, no. 1 (2020).

Klaudia, Junier. “Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Pertumbuhan Kerohanian Mahasiswa-Mahasiswi di Sekolah Tinggi Theologia Jaffry Makasar.†Sekolah Tinggi Thelogia Jaffary Makasar, 2018.

Lasti Yossi Hastini, Rahmi Fahmi, Hendra Lukito. “Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia?†Manajemen Informatika (JAMIKA) 10, no. 1 (2020).

Lilo, Deflit Dujerslaim. “Misi Gereja: Menjangkau Yang Tidak Terjangkau di Era dan Pasca Pandemi Covid-19.†Phronesis: Jurnal Teologi dan Misi 3, no. 2 (2020): 204–17.

Mandias, Green Ferry. “Analisis Pengaruh Pemanfaatan Smartphone Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat.†Cogito Smart 3, no. 1 (2017).

Nasution, Awal Kurnia Putra. “Integrasi Media Sosial Dalam Pembelajaran Generasi Z.†Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan 13, no. 1 (2020): 80–86. https://doi.org/10.24036/tip.v13i1.277.

Putri, Azzahra Shakila Meisa. “Implementasi Nilai Pancasila Pada Generasi Z.†Evaluasi dan Pembelajaran 4, no. 1 (2022).

Ratnaya, I Gede. “Dampak Negaif Perkembangan Teknoogi Informaika dan Komunikasi dan Cara Anisifasinya.†Pendidikan Teknoogi dan kejuruan 8, no. 1 (2011).

Rini Fauziah, Hadiyanto, Yavelma Miaz, Yanti Fitria. “Pengaruh Model SAINS Teknologi Masyarakat terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar.†BASICEDU 5, no. 5 (2021).

S.R, Agatha Dinarah. “Pengaruh Sikap Dan Karakteristik Konsumen Terhadap Penggunaan Ponsel Pintar Layar Sentuh.†Sosioteknologi 14, no. 3 (2015).

Surahman, Sigit. “Determinisme Teknologi Komunikasi dan Globalisasi Media Terhadap Seni Budaya Indonesia.†Rekam 12, no. 1 (2016).

Tety Nur Bayti, Desi Ariani. Gagasan Millenial & Generasi Z Untuk 5Indonesia Emas 2045. Diedit oleh Henriqueta Cota Pereira Angelo Emanuel Flavio Seac Yohanes Adrianus Siki. Atambua Barat: Fianosa Publishing, 2020.

Waharman, Waharman. “Studi Eksegetis Ungkapan â€Kuasailah Dirimu Dalam Segala Hal†Dalam II Timotius 4:15.†Manna Rafflesia 2, no. 1 (2015).

Wahyuni, Dianisa. “Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Generasi ‘Z’ di Era Globalisasi.†Pendidikan Tambusai 5, no. 3 (2021).

Wibawa, Galih Ernawati. “Pengaruh Kecemasan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Kecanduan Smarphone Terhadap Kinerja Karyawan Generasi Y dan Generasi Z.†Universitas Kristen Duta Wacana, 2022.

Zega, Yunardi Kristian. “Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga: Upaya Membangun Spritualitas Remaja Generasi Z.†luxnos 7, no. 1 (2021).

Downloads

Published

2023-12-30

Issue

Section

Articles