Aktualisasi Kasih Allah bagi Sesama: Implementasi Pemikiran dan Praktik Pendidikan Kristiani Johann Heinrich Pestalozzi dalam Konteks Pendidikan Karakter dan Nilai

Penulis

  • Sherly Adipati Pascasarjana Sekolah Tinggi Teologi Iman Jakarta
  • Maria Evvy Yanti Sekolah Tinggi Teologi Iman Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33991/epigraphe.v5i1.242

Kata Kunci:

Christian education, character education, God’s love, Johann Heinrich Pestalozzi, values, kasih Allah, nilai, pendidikan Kristiani, pendidikan karakter

Abstrak

Education is sometimes understood as an attempt to share knowledge only. Students are only prepared to achieve the future in material aspects without realizing the importance of sharing life with others through good behavior. Knowledge and skills as well as knowing and feeling God's presence in life together in the family, school, church, and community need to be paid attention to and practiced. One of the participations is related to this view by rewriting the thoughts of a Christian education expert regarding the concepts and methods of learning in the implementation of education. This article discusses the participation of Johann Heinrich Pestalozzi in Christian education learning, with the aim of preparing and developing basic theological and psychological concepts so that the nature and objectives of learning are implemented in their context. The research method is qualitative with research procedures that make use of descriptive data. After going through a critical study, the results of this article are used as a rationale in practicing Christian education learning for the lives of the people.

Abstrak

Pendidikan terkadang dipahami sebagai usaha untuk membagikan pengetahuan saja. Peserta didik hanya dipersiapkan untuk mencapai masa depan dalam aspek materi saja tanpa kesadaran pentingnya hidup berbagi dengan sesama melalui perilaku yang baik. Pengetahuan dan keterampilan serta mengenal dan merasakan kehadiran Allah dalam kehidupan bersama baik di keluarga, sekolah, gereja dan masyarakat perlu diperha-tikan dan dipraktikkan. Salah satu partisipasi yang dilakukan berhubungan dengan pandangan ini dengan menuliskan kembali pemikiran seorang ahli pendidikan Kristia-ni mengenai konsep dan metode pembelajaran dalam pelaksanaan pendidikan. Artikel ini untuk membahas partisipasi Johann Heinrich Pestalozzi dalam pembelajaran pen-didikan Kristiani, dengan tujuan mempersiapkan dan membangun konsep dasar teo-logis dan psikologis, sehingga hakikat dan tujuan pembelajaran terimplementasi dalam konteksnya. Metode penelitian adalah kualitatif dengan prosedur riset yang meman-faatkan data deskriptif. Setelah melalui kajian kritis, hasil dari artikel ini digunakan sebagai dasar pemikiran dalam mempraktikkan pembelajaran pendidikan Kristiani bagi kehidupan umat.

Referensi

Boehlke, Robert R. Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek PAK Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1997

Bowers Fredalene B. and Gehring, Thom. Johann Heinrich Pestalozzi: 18 th Century Swiss Educator and Correctional Reformer’ didapat dari http://dipergunakan 12 Maret 2021.

Clark, Donald. Pestalozzi and Pestalozzianism , didapat dari http:// dipergunakan 23 Maret 2021

Erikson, The Reformers : An Historical Survey of Pioneer Experiments in The Treatment of Criminals (NewYork : Elsevier, 1976), 108.

Frederick Eby, The Development of Modern Education 2 ed. New Delhi: Prentice-Hal of India PVT.Ltd, 1964

Freire, Paulo. Pendidikan, Pembebasan, Perubahan Sosial, terj. Mien Joebbaar Jakarta: PT Sangkala Pusar, 1984.

H. Holman. Pestalozzi: An Account of His Life and Work, London: Longmans, Gereen and co, 1908.

Heafford, Pestalozzi: His Though and Its Relevance Today, London: Methuen, 1967.

hhtp:// sorot.vivanews.com/, 20 Maret 2021.

http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Suiceide_rates_map-en.svg, 24 Maret 2021

http://myais.fsktm.um.edu.my/6578/1/JPPSee_(113-129) B.pdf, 26 Maret 2012

Johann Heinrich Pestalozzi, How Gertrude Teaches Her Children, Ed and Prefaces by Daniel Robinson. Washington D.C: University Publications, 1977.

Kate Silber, Pestalozzi: The Man and His Work, London: Routledge and Kegan Paul, 1960.

Koesoema, Doni. ‘Pendidikan dan Kekerasan,’ Kompas, 11 April 2007.

Mark K. Smith, “Johann Heinrich Pestalozzi†(Encuclopedia on-line) didapat dari http://dipergunakan 3 Maret 2021.

Patty, Albertus. Membangun Pendidikan Kristiani di Era Globalisasi, Pleno BPK PENABUR, 23 Februari 2007,

Shane, Harold G. Arti Pendidikan bagi Masa Depan, Jakarta: CV Rajawali, 1997.

Smith, Mark K. Johann Heinrich Pestalozzi, Encyclopedy on line: didapat dari http// dipergunakan 24 Maret 2014

Suparno,Paul. Apakah Pendidikan Menghasilkan Ketulusan, BASIS edisi ketulusan

Tuju, Serva, Harls Evan R Siahaan, Melkius Ayok, Fereddy Siagian, and Donna Sampaleng. “Hospitalitas Pendidikan Kristiani Dalam Masyarakat Majemuk.†Jurnal Teologi Berita Hidup 3, no. 2 (2021): 328–339.

Diterbitkan

2021-05-31

Cara Mengutip

Adipati, S., & Yanti, M. E. (2021). Aktualisasi Kasih Allah bagi Sesama: Implementasi Pemikiran dan Praktik Pendidikan Kristiani Johann Heinrich Pestalozzi dalam Konteks Pendidikan Karakter dan Nilai. EPIGRAPHE (Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani), 5(1), 126–135. https://doi.org/10.33991/epigraphe.v5i1.242

Terbitan

Bagian

Articles