Pendidikan Kristiani Intergenerasi sebagai Upaya Memulihkan Kehidupan Bergereja
DOI:
https://doi.org/10.33991/epigraphe.v5i2.301Kata Kunci:
intergenerasi, gereja, generasi, pendidikanAbstrak
Pelayanan dalam gereja yang cenderung memisahkan jemaat berdasarkan usia dan generasi dapat memperlebar gap generasi bahkan berdampak pada perpecahan jemaat. Gap generasi merusak relasi persekutuan dalam gereja. Tulisan ini bertujuan menawarkan konsep pendidikan kristiani intergenerasi sebagai upaya pemulihan kehidupan bergereja. Hasil yang dicapai melalui penelitian studi kepustakaan yang relevan adalah konsep pendidikan kristiani intergenerasi di gereja. Pendidikan intergenerasi dalam gereja dimaknai sebagai upaya pemulihan kehidupan bergereja. Pendidikan kristiani intergenerasi dapat memperkuat persekutuan dan meminimalisir peselisihan akibat kesenjangan generasi.
Referensi
Allen, Holly Catterton, and Christine Lawton Ross. Intergenerational Christian Formation. USA: Green Press, 2012.
Christiani, Tabita Kartika. “Generasi Z Dan Pola Pembinaanya.†In Membina Jemaat Merespons Tantangan, edited by Jurike Mamesah and Ruth Yuni Tl Salomo, 95–107. Yogyakarta: Cakrawala Sketsa Mandiri, 2019.
Keating, Charles J. Kepemimpinan: Teori Dan Pengembangannya. Yogyakarta: Kanisius, 1986.
Kristyowati, Yuli. “Generasi ‘Z’ Dan Strategi Melayaninya.†Ambassador: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 2, no. 1 (2021): 1–11. stt-indonesia.ac.id › journal › index.
Menconi, Peter. The Intergenerational Chruch. USA: Mt. Sage Publishing, 2010.
Nicolas, Djone Georges. “Analisis Perpecahan Kepemimpinan Antargenerasi Di Lingkungan Gereja.†Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia 6, no. 5 (2021): 2141–2149. https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/2686.
White, James W. Intergenerational Religious Education. Birmingham: Religious Education, 1988.
Zaluchu, Sonny. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.†Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 4, no. 1 (2020): 28–38. https://journal.sttsimpson.ac.id/index.php/EJTI/article/view/167/pdf.