Kepemimpinan Kristen sebagai Katalisator dalam Pendidikan Inklusif: Implementasi Teologis Kepemimpinan Gerejawi dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

Penulis

  • Elisa Nimbo Sumual Sekolah Tinggi Alkitab Batu, Malang
  • Yonatan Alex Arifianto Sekolah Tinggi Teologi Sangkakala, Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.33991/epigraphe.v8i2.338

Kata Kunci:

Christian leadership; Christian education; children with special needs; church leaders; inclusive education; anak berkebutuhan khusus; pemimpin gereja; kepemimpinan Kristen, pendidikan inklusif; pendidikan kristiani

Abstrak

Inclusive education, which aims to provide equal opportunities for all children, including children with special needs, requires support from various parties, one of which is through Christian leadership based on biblical values. However, research linking Christian leadership with inclusive education, especially for children with disabilities, is limited. This research aims to actualise how inclusive principles in the church context can be applied to create a supportive and welcoming educational environment for children with disabilities. In this research, a literature study approach using a descriptive qualitative method is used.  It can be concluded that inclusive theology in church leadership encourages concrete actions to build a welcoming community for all, regardless of physical or social differences, and to fight stigma against people with disabilities. The church, with a commitment to serve with love, creates a space where every individual is valued, according to the teachings of Christ who involves and respects and values the marginalized, namely children with special needs.

 

Abstrak

Pendidikan inklusif, yang bertujuan memberikan kesempatan yang setara bagi semua anak, termasuk anak berkebutuhan khusus (ABK), memerlukan dukungan dari berbagai pihak, salah satunya melalui kepemimpinan Kristen yang berlandaskan nilai-nilai alkitabiah. Namun, penelitian yang menghubungkan kepemimpinan Kristen dengan pendidikan inklusif, khususnya untuk ABK, masih sangat terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengaktualisasi bagaimana prinsip inklusif dalam konteks gereja dapat diterapkan untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung dan ramah bagi ABK. Dalam penelitian ini, pendekatan studi pustaka dalam metode kualitatif deskritif  menjadi metode penulisan.  Dapat disimpulkan bahwa  Teologi inklusif dalam kepemimpinan gereja mendorong tindakan nyata untuk membangun komunitas yang ramah bagi semua, tanpa memandang perbedaan fisik atau sosial, serta melawan stigma terhadap penyandang disabilitas. Gereja, dengan komitmen untuk melayani dengan kasih, menciptakan ruang di mana setiap individu dihargai, sesuai ajaran Kristus yang melibatkan dan menghormati dan menghargai yang termarginalkan yaitu anak berkebutuhan khusus.

Biografi Penulis

Yonatan Alex Arifianto, Sekolah Tinggi Teologi Sangkakala, Salatiga

 

 

 

Referensi

Buraen, Anita Angelina Lovica Putu. “Kajian Teologi Disabilitas Terhadap Peran Pemimpin Gereja Dalam Menciptakan Gereja Ramah Disabilitas Di GPIB Maranatha Denpasar.” Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, 2023.

Chrisnatalia, Desy, Evalina Chrisna Damanik, Rudy Ariyanto, Anastasia Wenardy, and Mellen Tannia. “Problematika Relawan: Pendampingan Spiritualitas Dan Religiusitas Kristen Anak Difabel Kristen.” Inklusi 9, no. 1 (2022): 45–64. https://doi.org/10.14421/ijds.090103.

Elisa, Saturnina, Wulan Agung, and Yonatan Alex Arifianto. “Profesional Guru Pendidkan Agama Kristen Dalam Kepemimpinan Kristen.” Sabda: Jurnal Teologi Kristen 3, no. 1 (2022): 13–25. https://doi.org/10.55097/sabda.v3i1.37.

Fitri Lintang, Fitri Lintang, and Fatma Ulfatun Najicha. “Nilai-Nilai Sila Persatuan Indonesia Dalam Keberagaman Kebudayaan Indonesia.” Jurnal Global Citizen?: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan 11, no. 1 (2022): 79–85. https://doi.org/10.33061/jgz.v11i1.7469.

Gea, Ibelala. “Kepemimpinan Yesus Teladan Pemimpin Masa Kini.” Voice of Wesley: Jurnal Ilmiah Musik Dan Agama 3, no. 2 (2020): 29–40. https://doi.org/10.36972/jvow.v3i2.52.

Graves, Ashley. “Diversity, Equity, and Inclusion: A Biblical Perspective and Framework for Christian Women in Leadership,” 241–54, 2024. https://doi.org/10.1007/978-3-031-50016-9_14.

Gunawan, Inge, Kalis Stevanus, and Yonatan Alex Arifianto. “Kepemimpinan Kristen Transformasional: Interpretasi 2 Timotius 3:10 Dan Signifikansinya Bagi Pemimpin Kristen Di Era Disrupsi.” DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 7, no. 2 (2022): 567–78. https://doi.org/10.30648/dun.v7i2.979.

Hussain, Abul, and Fatema Begum. “Comprehensive Education: Children with Special Needs,” 2024. https://doi.org/10.20944/preprints202411.0186.v2.

Indriani Rorong, Novita. “Budaya Kekerasan Dalam Media Elektronik Ditinjau Dari Sudut Pandang Etika Kristen.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika 3, no. 1 (2020): 88–109. https://doi.org/10.34081/fidei.v3i1.97.

Karnawati, Karnawati. “Pemahaman Dan Kontribusi Gereja Terhadap Hak Penyandang Disabilitas,” 2020.

Lopatynska, Nataliia, Maryna Omelchenko, Ivanna Deka, Oksana Protas, and Nataliia Dobrovolska. “The Role of Inclusive Education in the Social Integration of Children with Special Educational Needs.” Cadernos de Educação, Tecnologia e Sociedade 16, no. 1 (2023): 135–42. https://doi.org/10.14571/brajets.v16.n1.135-142.

Mallisa’, Ricky. “Pendidikan Agama Kristen Yang Terintegrasi Terhadap Pembentukan Karakter Dan Mental Penyandang Disabilitas.” PEADA’?: Jurnal Pendidikan Kristen 2, no. 1 (2021): 1–14. https://doi.org/10.34307/peada.v2i1.26.

Mardiatmadja, B S, Dhaniel Whisnu Bintoro SJ, and others. Eklesiologi: Langkah Demi Langkah--Sudut-Sudut Hening Ziarah Gereja. Yogyakarta: PT Kanisius, 2020.

Mauleky, Amus. “Manajemen Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Dalam Gereja Bagi Disabilitas.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 4, no. 1 (2022): 95–103. https://doi.org/10.37364/jireh.v4i1.90.

Mutuku, Sarah M, Faith Mutuku Muna, Rachel Mwende M Murigi, and Miriam M Mutuku-Kioko. “Inclusive Leadership and Religion,” 143–53. Routledge, 2020. https://doi.org/10.4324/9780429294396-14.

Non, Nelci, Ezra Tari, and Nelman A. Weny. “Tanggung Jawab Gereja Bagi Kaum Difabel Di GMIT Jemaat Lahai Roi Tofa, Klasis Kota Kupang Timur.” Danum Pambelum: Jurnal Teologi Dan Musik Gereja 2, no. 2 (2022): 180–87. https://doi.org/10.54170/dp.v2i2.125.

Purba, Eduward. “Paradigma Pentingnya Pengajaran Doktrin Sebagai Bagian Dari Total Quality Management Dan Adaptasi Gereja.” MAGNUM OPUS: Jurnal Teologi Dan Kepemimpinan Kristen 2, no. 1 (December 2020): 27–35. https://doi.org/10.52220/magnum.v2i1.70.

Saragih, Diany Rita P. “Implementasi Kepemimpinan Kristen.” Voice of Wesley: Jurnal Ilmiah Musik Dan Agama 2, no. 2 (2019). https://doi.org/10.36972/jvow.v2i2.27.

Schaeffer, Hans, and Koos Tamminga. “Does Inclusion Save Us All?” International Journal for the Study of the Christian Church, 2022. https://doi.org/10.1080/1474225X.2022.2049502.

Sisga Desriman Zebua, Yubilate Chriswell Zebua, and Ibelala Gea. “Reformulasi Karakter Kepemimpinan Kristen Masa Kini Berdasarkan Kepemimpinan Daud.” Sepakat?: Jurnal Pastoral Kateketik 9, no. 1 (2023): 01-12. https://doi.org/10.58374/sepakat.v9i1.126.

Subagyo, Heru, and Yonathan Salmon Efrayim Ngesthi. “Implementasi Pemimpin Kristen Berhati Hamba Menurut Markus 5:21-43.” Ritornera - Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia 2, no. 2 (2022): 38–55. http://ojs.pspindonesia.org/index.php/JPI/article/view/41.

Sutono, Yohanes, Yonatan Alex Arifianto, and Noel Yosan Loveano. “Deskriptif Kepemimpinan Kristen Dalam Perspektif Filipi 2: 3-8.” Jurnal Ap-Kain 1, no. 1 (2023): 15–24. https://doi.org/10.52879/jak.v1i1.58.

Teddywono, Innawati. “Pemuridan Bagi Jemaat Penyandang Disabilitas.” SANCTUM DOMINE: JURNAL TEOLOGI, 2020. https://doi.org/10.46495/sdjt.v10i1.82.

Wicaksono, Arif, and Felicia Irawaty. “Gereja Inklusif: Membangun Komunitas Ramah Yang Mampu Menangkal Stigma Terhadap Kaum Difable.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika 6, no. 2 (2023): 191–209.

Zai, Suardin, Yusuf Setiawan Sudarso Kusumo, and Suarman Zai. “Membangun Resiliensi Spiritual Kristen Pada Anak Berkebutuhan Khusus Ditinjau Dari Pandangan Teologi Disabilitas.” Jurnal Silih Asuh: Teologi Dan Misi 1, no. 2 (2024): 111–24.

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Sumual, E. N., & Arifianto, Y. A. (2024). Kepemimpinan Kristen sebagai Katalisator dalam Pendidikan Inklusif: Implementasi Teologis Kepemimpinan Gerejawi dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. EPIGRAPHE (Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani), 8(2). https://doi.org/10.33991/epigraphe.v8i2.338

Terbitan

Bagian

Articles