Inovasi Pendidikan Kristiani dalam Peran Gereja untuk Meningkatkan Spiritualitas Anak Marginal di Era Kontemporer
DOI:
https://doi.org/10.33991/epigraphe.v8i1.462Kata Kunci:
church; Christian educational innovation; children spirituality; marginalized children; anak marginal; gereja; inovasi pendidikan kristiani; spritualitas anakAbstrak
There are challenges faced by marginalized children in society, especially in obtaining an education that is not only academic but also leads to the development of spiritual welfare and practical building. As a spiritual institution, the church has a significant role and potential to create Christian education innovations relevant to marginalized children, considering that they are by the teachings of faith that can shape character and strengthen their faith and spirituality. This study aims to provide an understanding and strategy of how the church's role in Christian education innovation can contribute to the spiritual well-being of marginalized children. Using descriptive qualitative methods and a literature study approach, it was found that Christian education is precious for marginalized children. Hence, the church plays a vital role in developing and teaching Christian values ??to them.
Abstrak
Adanya tantangan yang dihadapi oleh anak-anak marginal dalam masyarakat, khususnya dalam memperoleh pendidikan yang tidak hanya bersifat akademis, tetapi juga mengarah pada per-kembangan kesejahteraan rohani dan membangun afektif. Gereja sebagai lembaga kerohanian memiliki peran dan potensi besar untuk menciptakan inovasi pendidikan kristiani yang relevan bagi anak-anak marginal, mengingat sesuai dengan ajaran iman yang dapat membentuk karakter dan memperkuat iman dan keroahnian mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman dan strategi bagaimana peran gereja dalam inovasi pendidikan kristiani dapat memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan rohani anak marginal. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dan pendekatan studi pustaka, didapatkan bahwa pendidikan kristiani sangat berharga bagi anak marginal, sehingga gereja berperan penting dalam mengembangkan dan mengajarkan nilai-nilai kristiani bagi mereka.
Referensi
Agoestina, Eunike. “Gereja Sebagai Pusat Pendidikan kristiani.” Kaluteros Jurnal Teologi Dan Pendidikan kristiani 4, no. 1 (2022): 1–17.
Andrian, Tonny. “Peran Pendidikan kristiani Dalam Pembentukan Nilai Moral Remaja Masa Kini.” Inculco Journal of Christian Education 4, no. 1 (2024): 107–122.
Arifianto, Yonatan Alex. “Dekadensi Moral Dalam 2 Timotius 3: 1-7: Reflektif Spritualitas Manusia Di Era Disrupsi.” Jurnal Missio Cristo 6, no. 1 (2023): 63–80.
Arifianto, Yonatan Alex, Reni Triposa, and Sari Saptorini. “Christian Perspective on the Tolerance of Christian Religious Education Teachers and Students in the Era of Disruption.” KURIOS 7, no. 2 (October 7, 2021). https://www.sttpb.ac.id/e-journal/index.php/kurios/article/view/295.
Balqis, Fabiancha Embun. “Hak Sipil Dan Politik Kaum Marginal: Upaya Dan Perjuangan Kelompok Transpuan Di Kota Pangkalpinang.” Civil Officium: Journal of Empirical Studies on Social Science 1, no. 1 (2021): 39–46.
Belia, Teja, and S T Wisnu Setiawan. “Marginal Children Community School: Alternative Education For Marginal Child with Behaviour Architecture In Serang City.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2023.
Boiliu, Esti R. “Sumbangsih PAK Bagi Pertumbuhan Iman Dan Moral Kaum Muda Di Era Revolusi Industri 4.0.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 5, no. 1 (2022): 58–74.
Boiliu, Fredik Melkias. “Pembelajaran Pendidikan kristiani Dalam Keluarga Di Era Digital.” TE DEUM (Jurnal Teologi dan Pengembangan Pelayanan) 10, no. 1 (2020): 107–119.
Budiyana, Hardi. “Roh Kudus Dalam Proses Pembelajaran Pendidikankristen Mewujudkan Pengajaran Kristen Yang Mengandung Nilai Kekal.” Jurnal Teologi Berita Hidup (2018).
Gea, Erniwati, Anwar Three Millenium Waruwu, Martina Novalina, and Ampinia Rahap Wanyi Rohy. “Peran Gereja Dalam Membentuk Karakter Remaja Kristen Di Era Kontemporer.” Sabda: Jurnal Teologi Kristen (2023).
Hutagalung, Rotua Julianovia, and Romi Lie. “Peran Gembala Jemaat Dalam Pengajaran Agama Kristen Terhadap Keterlibatan Warga Jemaat Dalam Pelayanan.” Didache: Journal of Christian Education (2021).
Lado, Gatsper A. “Peran Gereja Membela Kemanusian Anak Marjinal: Upaya Teologi Transformasi Pelayanan Holistik.” Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi dan Pendidikan kristiani) 4, no. 2 (2022): 226–235.
Laik, Andri Arbet, and Grant Nixon. “Iman Rahab: Sebuah Refleksi Teologis Terhadap Iman Kaum Marginal.” Vox Dei: Jurnal Teologi dan Pastoral 3, no. 1 (2022): 62–75.
Nabilah, Najwa Ainun, and Khaerunnisa Tri Darmaningrum. “Peran Penyuluh Agama Dalam Kehidupan Masyarakat Marginal.” Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam 5, no. 2 (2023): 198.
Nikolaos, Nikolaos, and Yonatan Alex Arifianto. “Peran Guru Pendidikan kristiani Dalam Pendidikan Sebagai Upaya Peningkatan Karakter Naradidik.” MANTHANO: Jurnal Pendidikan kristiani 2, no. 1 (2023): 42–52.
Purdaryanto, Samuel. “Landasan Historis Pendidikan kristiani Dan Relevansinya Dalam Pendidikan kristiani Masa Kini.” SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan kristiani 2, no. 2 (2021): 220–238.
Rahajaan, Nixser, and Lourine Sience Joseph. “Membangun Spiritualitas Iman Kristen Dalam Keluarga Miskin.” Institutio?: Jurnal Pendidikan kristiani 8, no. 1 (2023): 31–36.
Rahayu, Esty Puji, Lailatul Khusnul Rizki, Yati Isnaini Safitri, and Siska Nurul Abidah. “Pemberdayaan Anak Marginal Dengan Kelas SEHATI AMAR (Kesehatan Reproduksi Anak Marginal) Berbasis Peer Group Teaching.” BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (2023).
Ratnasari, Desi, Reni Triposa, and Yonatan Alex Arifianto. “Deskripsi Kode Etik Guru Pendidikan kristiani Dalam Perspektif Alkitabiah: Sebagai Keteladan Akademik Dan Karakter Nara Didik.” REAL DIDACHE: Journal of Christian Education 2, no. 2 (2022): 101–112.
Samodra, Harmoko, Ferry Simanjuntak, and Roike Kowal. “Pembinaan Rohani Warga Kristen Di Perumahan Vila Bukit Tidar, Merjosari, Malang.” Diakoneo: Journal of Community Service (2023).
Sandora, Meri. “Konsep Pendidikan Anak Marginal Dalam Perspektif Pendidikan Berbasis Masyarakat.” Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender 18, no. 2 (2019): 196–216.
———. “Konsep Pendidkan Anak Marginal Dalam Perspektif Pendidikan Berbasis Masyarakat.” Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender 18, no. 2 (2020): 196.
Setiawan, E. “KBBI - Kamus Besar Bahasa Indonesia.” kamus besar bahasa indonesia (2019).
Silalahi, Edu Arto. “Gereja Menjadi Mitra Pendidikan kristiani.” Jurnal Arrabona 2, no. 1 (2022): 18–40.
Simamora, Krista Sinta Dewi. “Efektifitas Pengajaran Pendidikan kristiani (PAK) Di Era Revolusi Industri 4.0.” JUrnal Teologi Pondok Daud Vo.6 No. 2, no. Vol. 6 No. 2 (2022): Teologi dan Pendidikan kristiani dalam sudut kolaboratif (2022): 42.
Sukardi, Sukardi, Wildan Wildan, and Akhmad Sukri. “Pendidikan Bagi Masyarakat Kategori Marginal Kawasan Pariwisata: Aplikasi Pendidikan Berbasis Praktik Sosial.” Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA (2020).
Supriadi, Made Nopen, Minggus Dilla, and Lewi Nataniel Bora. “Relevansi Misi Kristus Bagi Spiritualitas Kristen.” SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan kristiani 2, no. 2 (2021): 205–219.
Triposa, Reni, Yonatan Alex Arifianto, and Yudi Hendrilia. “Peran Guru PAK Sebagai Teladan Dalam Meningkatkan Kerohanian Dan Karakter Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan kristiani (JUPAK) 2, no. 1 (2021): 109–126.
Umrati, and Hengki Wijaya. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Sulawesi Selatan: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2020.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 EPIGRAPHE (Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.