Konsep Trilogi Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara dan Implementasinya bagi Pendidikan Kristiani
Keywords:
Educational Trilogy, Ki Hajar Dewantara, Implementation, Christian Education; Trilogi Pendidikan, Ki Hajar Dewantara, Implementasi, Pendidikan KristenAbstract
The educational trilogy of Ki Hajar Dewantara has made a significant contribution to the development of education in Indonesia. The purpose of this study is to identify how the concept of Ki Hajar Dewantara's leadership trilogy is implemented in the context of Christian education. In facing the changing times in the current era of globalization, it is important for educators to re-understand the concept of education in the educational trilogy. This trilogy consists of three things, namely: Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani. By applying qualitative descriptive methods and literature approaches, it can be concluded that the application of the concept of the educational trilogy in Christian education will support teachers in playing their roles well, both as good examples, facilitators, and motivators for students.
Abstrak
Trilogi pendidikan Ki Hajar Dewantara telah memberikan sumbangan besar bagi pendidikan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat konsep trilogi kepemimpinan Ki Hajar Dewantara diimplementasikan dalam konteks pendidikan Kristen. Dalam menghadapi perubahan zaman di era globalisasi saat ini, penting bagi pendidik untuk kembali memahami konsep pendidikan dalam Trilogi pendidikan. Trilogi ini terdiri dari tiga hal, yaitu: Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani. Dengan menerapkan metode deskriptif kualitatif dan pendekatan literatur, dapat disimpulkan bahwa penerapan konsep trilogi pendidikan pada pendidikan Kristen akan mendukung guru dalam memainkan peran mereka dengan baik, baik sebagai contoh yang baik, fasilitator, maupun motivator bagi siswa.
References
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia,” in Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2007.
Boentarsono, Ki B. Tamansiswa – Badan Perjuangan Kebudayaan & Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: Aditya Meda, 2012.
Brummelen, Harro Van. Batu Loncatan Kurikulum: Berdasarkan Alkitab. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 3rd ed. Surabaya: Assosiation of Christian School Internationa, 2008.
Febriyanti, Natasya. “Implementasi Konsep Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 1 (2021): 1631–1638.
Hamalik, Oemar. Psikologi Belajar Dan Mengajar / Oemar Hamalik. Psikologi Belajar Dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2019.
Hardi Budiyana. Dasar-Dasar Pendidikan Agama Kristen. Edited by Sugeng Suryana Adi. 2nd ed. Surakarta: STT Berita Hidup, 2017.
Heldayani, Intan. “Profesionalisme Guru: Tantangan Dan Harapan Dalam Pendidikan Masa Kini.” Kompasiana.Com.
Hermawan, Agus, and Emily B. Tan. “Philosophy Education: ‘Tut Wuri Handayani’ as the Spirit of Process Governance in Indonesia Educational Organization.” Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia 7, no. 2 (2021): 100.
Istapawati, Indah. “Keteladanan Guru Pendidikan Agama Kristen Yang Memiliki Karakter Kristus Terhadap Peserta Didik Di Sekolah.” Angelion: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 3, no. 1 (2022): 14–32.
Jenkins, J. Teaching for Transformation (Conference Paper), 1995.
Kusumastita, Imelda Indah. “Implementasi Trilogi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Untuk Tenaga Pendidik Di Indonesia.” Jurnal Reforma 9, no. 2 (2020): 104.
Lumbantobing, T I M, and L Andriany. “Hakikat Pendidikan: Menginternalisasikan Budaya Melalui Filsafat Ki Hajar Dewantara Pada Siswa Di Sman 13 Medan.” Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu 7, no. 1 (2024).
Nugroho, Wahyu. “Implementasi Trilogi Ki Hadjar Dewantara Di SD Taman Muda Jetis Yogyakarta.” Edukasi Journal 10, no. 1 (2018): 41–54.
Nur Wangit, Muhammad. “Masih Bertahankah Sistem Among Pada Masa Kini? Kajian Konsep Dan Praktik Pendidikan.” Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran 39, no. 2 (2009).
Oktavianti, Nelci, Sutrisno Sutrisno, and Bobby Kurnia Putrawan. “Kolaborasi Sistem Among Dengan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 3, no. 2 (2022): 68–92.
Olivia, Y. “Peran Guru Pak Sebagai Konselor.” Rabuni: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2020): 1–13.
Pazmiño, Robert W, Robert Pazmi W no, and Robert W Pazmino. Foundational Issues in Christian Education: An Introduction in Evangelical Perspective: Chr Education. Baker Book House, 1997.
Pribadi, Reksa Adya, Mutakarikah Mutakarikah, Achmad Firmansyah Putra I., and Nurhazizah Nurhazizah. “Implementasi Konsep Ing Ngarso Sung Talado, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani Dalam Perspektif Kepemimpinan Kepala Sekolah.” Transformasi?: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal 10, no. 1 (2024): 60.
Putri, Tri Ananda, and Mhd Ihsan Syahaf Nasution. “Implementasi Trilogi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Pada Smk Tamansiswa Di Kota Tebing Tinggi.” Puteri Hijau?: Jurnal Pendidikan Sejarah. Universitas Negeri Medan, 2020.
Rambitan, Stanley R. “Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mbangun Karsa, Tut Wuri Handayani: Methods of Javanese Local Wisdom Used in Christian Religious Education.” In Proceedings of the 2nd Annual Conference on Blended Learning, Educational Technology and Innovation (ACBLETI 2020). Vol. 560, 2021.
Restanti, Dina Kurnia. “Implementasi Nilai-Nilai Ajaran Ki Hajar Dewantara Dalam Pendidikan Agama Kristen Di Slb.” Institutio?: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 8, no. 2 (2023): 52–65.
Richards, Larry. A Theology of Christian Education. Michigan: The Zondervan Corporation, 1975.
Ruth, Burju, Rima Novia, and Henny Surhayati. “Perspektif Semboyan Pendidikan Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani Dalam Kurikulum Merdeka.” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran 6, no. 4 (2023): 3674–3678.
Setiawan, Riyan. “3 Kasus Pendidikan 2022: Kekerasan Seksual, Bullying & Intoleran.” Tirto.Id.
Siburian, Togardo. “Perspektif Kristologis Mengenai ‘ Yesus Guru Agung .’” Stulos 16/2 2, no. Juli (2018): 179–206.
Sihombing, Rosalin. “Keteladanan Guru PAK Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik.” Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 6, no. 2 (2019): 48–57.
Soejono. Aliran Baru Dalam Pendidikan Dan Pengajaran. Jakarta: Harapan Masa, 1960.
Sugiharto, Ayub. “Landasan Teologis Pendidikan Kristen Dalam Perjanjian Lama Dan Relevansinya Bagi Pendidikan Kristen Masa Kini.” Mathetes: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2020): 181–192.
Suparlan, Henricus. “Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dan Sumbangannya Bagi Pendidikan Indonesia.” Jurnal Filsafat 25, no. 1 (2016): 56.
Surjomihardjo, Abdurrachman. Ki Hajar Dewantara Dan Taman Peserta Didik Dalam Sejarah Indonesia Modern. Jakarta: Sinar Harapan, 1986.
Tarto Sentono, ST. M.Pd., and Editor. PENGEMBANGAN MODEL KEPEMIMPINAN (Berbasis Trilogi Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara). CV Citta Gracia. Vol. 1999. Klaten: Citta Gratia, 2006.
Wardani. “Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter.” In Hartaki: Journal of Islamic Education, 1:13–22. Bandung, 2022.
Wenda, Yuwenus. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Iluminating Publishing, 2012.
Wulandari & Catur. Implementasi Trilogi Ki Hadjar Dewantara Dalam Kepemimpinan Kepala Sekolah Di Sd Negeri 1 Mergowati Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung. Universitas PGRI Yogyakarta. Yogyakarta, 2023.
Yuliantin, Dita. “Trilogi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Sebagai Keselarasan Tanggung Jawab Guru Kristen.” KAIROS: Jurnal Ilmiah 3, no. 01 (2023): 66–87.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.